artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

PANJANG UMUR PARA PEMBANGKANG!!


By on 22.11.13

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata pembangkang adalah orang yang melawan dan menentang perintah atau nasehat. Sedangkan kata pembandel berasal dari kata bandel. Arti kata bandel adalah bersikap tidak mau menurut nasehat (terutama dari orangtua). Mirip? Iya, kalo diartiin secara umum memang inti keduanya mengarah kepada sikap tidak patuh, tidak mau tunduk, atau tidak mau diatur. Tapi sebenarnya ada perbedaan antara kedua kata ini.

Begini, ketika kita yang melanggar perintah yang sudah ditetapkan orang tua dirumah atau guru di sekolah atau boss di tempat kerja kemudian kita diberi peringatan sekali, dua kali tapi tetap melanggar padahal kita sudah jelas-jelas mendengar apa yang diperingatkan oleh mereka kepada kita, maka kita bisa dibilang pembandal (bandel, nakal). Nah kalo pembangkang?? Kalo pembangkang adalah ketika kita sudah dalam level melawan balik, mengkritik balik, atau menyanggah, apa yang sudah diperintahkan kepada kita dengan alasan yang masuk akal tentunya. Nah, dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan pembangkang dan pembandel adalah: Pembangkang itu adalah orang yang melawan nasihat/perintah dengan mengkritiknya. Sedangkan pembandel itu adalah orang yang melawan nasehat/perintah tetapi dia tidak pernah mengkritik nasehat itu.

Membangkang itu adalah sebuah kenakalan, ketidak patuhan, pembandelan yang diawali sebuah pertanyaan "kenapa kita harus membangkang ini (hal yang kita harus bangkang)?". Intinya, selama kita masih mempunyai alasan kenapa harus membangkang, maka membangkanglah. Selama kita memiliki kesadaran kenapa kita harus membangkang, maka membangkanglah!! PANJANG UMUR PARA PEMBANGKANG!! (Dimz)

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan