artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

NOISEPEDIA: Mathcore


By on 3.10.13

Mathcore merupakan singkatan dari mathematicalcore yang merupakan penggabungan progressive, jazz, hardcore merujuk ke unsur metalcore.  

Band pertama yang memakai Mathcore adalah Black Flag pada tahun 1984 dengan albumnya My War. Banyak band dari Mathcore memberikan tribut kepada Black Flag dengan album kompilasi Black On Black. Pada tahun 1990-an band-band yang menganut aliran Mathcore ini dikelompokkan kedalam satu kelompok yang disebut dengan Noisecore. Menurut Kevin Stewart Panko dari band Terrorizer band-band seperti Neurosis, Deadguy, Cave In, Today Is The Day, The Dillinger Escape Plan, Converge, Coalesce, Candiria, dan Botch masuk kedalam kelompok Noisecore ini. Dia juga menggambarkan sound dari band-band tersebut dengan dinamis, kekerasan, tanpa chord yang jelas, teknikal, brutal, off kilter, penggabungan metal yang tak beraturan, hardcore, progressive, math rock, grind dan Jazz. Istilah Mathcore ini sebenarnya lebih banyak di gunakan oleh para jurnalis daripada musisi.

Mathcore juga biasa disebut technical metal, technical hardcore dan math metal yang diakui sebagai teknis bermain musik level tinggi. Aliran ini menggunakan Time Signatures yang tidak lazim. Kebanyakan time signatures ini dipakai dengan pukulan 3/4 atau 8/9. Istilah Mathcore ini diambil dari persamaan dengan Mathrock. Band-band Mathrock seperti Slint, Don Caballero, Shellac, dan Drive Like Jehu mempunyai pengaruh kuat terhadap tumbuhnya Mathcore. Walaupun sebenarnya Mathcore lebih terkait erat dengan Metalcore. Band-band Mathcore terkemuka lebih dikaitkan dengan genre Grindcore. Subgenre ini memiliki akar dari band-band seperti Deadguy, Converge, Kiss It Goodbye, Training For Utopia, Botch, Turmoil, Coalesce, Bloodlet, Groundwork, Resurrection, Acme, Nerv dan Starkweather. 

Komposisi mathcore biasanya penuh dengan keganjilan dan bernuansa chaotic seperti aransemen dan struktur lagu yang kompleks dan lirik yang sulit dimengerti dan nyeleneh. Jarang banget ada pengulangan bagian lagu (verse chorus) yang konvensional. Rata-rata memainkan berbagai teknik yang sulit pada masing-masing instrumennya. Influences-nya bisa bermacam-macam, seperti jazz, fusion, blues rock, the rest, you name it. Silahkan simak musik-musik “kacau” dari pasukan metal akrobatik berikut ini: A Life Once Lost, An Albatross, Between The Buried And Me, Botch, Candiria (lama), The Chariot, Coalesce, Converge, Creation is Crucifixion, Curl Up And Die, Daughters, The Dillinger Escape Plan, The End, Every Time I Die (lama), Fear Before The March Of Flames, Five Star Prison Cell, Foreign Objects, Inner Surge, Into The Moat, Ion Dissonance, Look What I Did, Manhattan Skyline, Meshuggah, Mudvayne, Nights Like These, Nerv, The Number Twelve Looks Like You, The Power And The Glory, Psyopus, The Red Chord, Some Girls, Tanagra, dll. (Grindhacker dari berbagai sumber)


KETERANGAN:

Penjelasan singkat ini hanyalah garis besar saja yang saya rangkum dari banyak sumber yang saya browse di google dan mesin pencari lainnya. Untuk lebih jelasnya secara detail mungkin bisa anda cari sendiri (saya bisa, kenapa anda enggak??), biar pengertian dan penalaran dari apa yang saya suguhkan di KAMUS SINGKAT ini gak baku adanya. Terimakasih (Noiseblastmedia)



KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan