artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

DODDY (DISLIKE/G.A.U.) - Kongkow Jarak Jauh



Kami memanggil dia Akang Doddy, alasannya pasti jelas, dia berasal dari ranah Sunda. Tapi ada beberapa teman juga berasal dari ranah Sunda kok gak dipanggil akang? (ada yang nanya begitu-red.). Ya, kenapa cuma Doddy yang dipanggil akang? karena dia Sunda banget, keliatan dari dialek bicara dia. Doddy dan Dislike, gak bisa dipisahkan, dialah ikon tak tergantikan dari band D-beat/Crust lawas asal kota Jakarta ini. Doddy juga sosok yang gak bisa dilupain dari kolektif Taring Babi karena dia salah satu individu yang mobile mulai dari bernama AFRA, BERONTAK RECORDS, TEMPEQUALITY, sampe ke TARING BABI (walaupun dia bukan personil MARJINAL). 

Sekarang dia ada di Jerman disebuah kota kecil sekitaran Berlin bernama Postdem. Kenapa pada akhirnya dia hijrah kesana? dan bagaimana kiprah dia disana? dan apa aja yang sudah dia dapat dari 2 tahun dia disana? juga bagaimana kondisi scene di Jerman dilihat dari kacamata Akang Doddy ini? Jelasnya, mari kita baca aja deh interview kami dengan dia. Oke say ... silahkan dan selamat membaca.


NB: Halo Kang Dodi ... udah berapa lama di Jerman? bisa dijelaskan d kota mana tepatnya anda sekarang?

Doddy: halo juga...saya baru 2 tahun tinggal disini, tepatnya di Potsdam (sebuah kota kecil yg letaknya tidak begitu jauh dr Berlin)

NB: Well, kenapa anda pilih Jerman? kenapa bukan ke Skandinavia? apakah ada alasan kuat kenapa pada akhirnya nada hijrah ke Jerman?

Doddy: sebetulnya saya gak milih ke jerman atau manapun, bahkan mungkin saya gak punya kemampuna untuk hijrah ke jerman atau manapun. mungkin ada faktor 'kebetulan' juga berhubung sy dpt jodoh orang jrman...? entah lah. Jerman merupakan negara kaya, tapi negara2 skandinavia sepertinya lebih kaya lagi dah, di Skandinavia harga2 barang kebutuhan sehari2 lebih mahal daripada di jerman. jerman lebih multi-kulti, lebih banyak orang asing dapat diemui yg tinggal disini, daripada di skandinavia...,mungkin di utara/skandinavia terlalu dingin, atau terlalu mahal, atau apa gw gak terlalu tau. di utara penduduknya pun sedikit,,,contohnya di finladia cuma berpenduduk 5 juta orang

NB: So ... is that LOVE that bring you to Dutchland right ... kabarnya udah punya satu puteri ya ... dan namanya Ella Nilamsari (sangat indonesia) ... lalu bagaimana kehidupan disana kang Dod, apa ada perbedaan signifikan dengan disini?

Doddy: ya mungkin jodoh, atau situasi, atau keinginan kuat untuk merantau ke tempat yg lebih jauh sehingga alam semesta bahu-membahu mewujudkan keinginanku,hahaha...entah apalah!! ya udah punya putrri umur 22 bulan. Kehidupan disini secara kultur atau situasi tentunya sangat berbeda dengan di Indonesia, dlm beberapa hal ada kesamaan juga, enak gak enak nya pun ada. Dalam hal kebersihan, keamanan, pembangunan, fasilitas, pelayanan publik, kebebasan, ekonomi,...kurasa jerman lebih unggul. Tapi untuk urusan makanan, bahasa, pergaulan sosial/tongkrongan, keramahan, kehangatan,...gw lebih suka Indonesia Terus kelebihan disini pemerintah ini nertanggung jawab terhadap warganaya, misalnya orang2 yg belum dpt pekerjaan, kehidupannya total dibiayai negara. sedangkan yg bekerja penghasilannya dipotong (pajak)


Doddy (Mohawk) dan Dislike
NB: Sejak kami kenal kang Dodi ini yang setahu kami emang anda selalu ingin hijrah keluar dan akhirnya kesampaian juga, sekaligus melengkapi hasrat-hasrat yang dulu terpendam hehe ... sekarang anda menjadi seorang ayah, seorang Family man ... gimana rasanya kang?

Doddy: yayaya....skarang saya berkeluarga...sama halnya seperti orang2 pada umumnya (biar kayak orang2 lah,heheh) ada 'sesuatu' yg berbeda emang dengan apa yg gw rasakan saat ini dibanding dengan sebelumnya...tapi gw juga rindu kampunghalaman...adakalanya disini berasa bete, sepi, dingin, asing, dsb. jadi gak slalu enak2 aja seperti yg teman2 di indo pikirkan!!hehehe...

NB: Homesick syndrome, tapi itu akan berlalu kok hehe anggap aja obrolan ini sebagai luapan rasa kangen anda dengan teman-teman disini ... oh iya, sekarang anda punya band bernama G.A.U. ... apakah G.A.U. itu anda buat bersama teman2 disana atau memang sudah ada sebelumnya?

Doddy: ya homesick.. dalam taun pertama perasaan sangat 'excited' banget dah, menginjak tahun ke-2 jadi memburuk, apalagi dah punya anak, dlm kultur famili yg berbeda...betengkar dikit dirumah...udah pengen balik aja rasanya ke indo,hehehe... tapi ada yg bilang kalo udah melewati taun ke-3 maka selanjutnya akan biasa2 aja (lebih baik) semoga! Untuk Band G.A.U itu kami buat sendiri menjelang akhir tahun 2011, latihan pertama pd bulan januari 2012, sampai bualan agustus kami menghasilkan 8 buah lagu, dan sampai akhir tahun 2012 kami udah manggung sebanya 8 gigs. pada awalnya gw bilang sama Cimot di Berlin bahwa gw cari orang2 yg mau buat band, gw bisa main gitar atau vokal. rupanya cimot bersama David, dan Nesha ada niatan bikin band juga,,,cuma gak ada pemain drum, jadinya gw lah diajak gabung. Jadi G.A.U adalah Dodi (Dislike, Ina) - Drums, Cimot (ex-Assault/INA) - Bass, Nesha (ex-Nakot/Serbia) - Vocals, dan David (ex-Ekkaia, Leader Shit/Barcelona-Spanyol) - Guitars.


NB: Konsep G.A.U. sendiri secara musik lebih kaya gimana? mengingat komposisi personilnya bekas personil band yang agak varian (walau masih satu genre) ...

Doddy: ya gw rasa mereka lebih suka ke arah NOISE........gw gak begitu bisa menggambarkan konsep musik ini, pada dasarnya sih raw punk, dengan sentuhan d-beat hardcore, apocalyptik, chaotik, primitif, galaxtic,...whatever lah,hehe...

NB: Haha ... Dodi yang gue kenal ... Udah ada album kang? atau ikut kompilasi?

Doddy: ya udah ada demo album, 8 lagu, sebanyak 50 pcs CD demo promo ini telah kami bagi2kan scara gratis di Finlandia pada acara Puntala-rock beberapa waktu lalu. Ada 3 lagu di kompilasi kaset Jerman "PRÄKERES AUS BÄRSTADT". Terus yg masih dalam proses: kompilasinya Agol-jakarta, dan kompilasi "Preedom Punker". Dan segera akan terbit album split G.A.U/Earth Crust Displacement, sebentar lagi. ada ada bocorannya dikit nih: http://supergau.bandcamp.com dan nih yg kompilasi kaset, jerman: http://achundkrach.bandcamp.com/album/ach-und-krachgeschichten-ohne-knut

NB: Mantap ... Terakhir kami sering liat anda mengunggah foto-foto anda dengan G.A.U. sedang perform di sebuha gigs, sudah main dimana aja G.A.U. ini dan pernah sepanggung sama band yang dulu pernah didenger disini gak kang? dan gimana kesannya dengan gigs disana?

Doddy: Sampai saat ini kami sudah main di berbagai tempat di jerman/eropa seperti berikut:
  • 11.08.2012, @Köpi Koma-F, Berlin 
  • 28.09.2012, Anti Repression Benefit Show @Subversiv, Berlin 
  • 15.10.2012, Unique Night @Kreuzdorf-Wagenplatz, Berlin 0
  • 9.11.2012, Lord Of Chaos part III @Rote Insel, Berlin 
  • 22.11.2012, @Köpi Koma-F, Berlin 
  • 07.12.2012, Antifa benefit show @Zoro, Leipzig 
  • 08.12.2012, Nevermind The Future @Gaussplatz, Hamburg 
  • 14.12.2012, Soli For Repression Costs Anarchist Black Cross In Poland @Subversiv, Berlin
  • 02.05.2013, (with BROKEN BONES) @Cassiopeia, Berlin 
  • 24.05.2013, "Worst of the Worst I" @Köpi Koma F, Berlin 
  • 25.05.2013, Strassenfest @Linienstraße 206, Berlin 
  • 31.05.2013, Weltuntergang @ Finsterwalde 
  • 01.06.2013, Punx Picnic @Siřem U Blšan, Czech Republic 
  • 07.06.2013, Kiezkonzert @SO36, Berlin 
  • 08.06.2013, Hausfest @Brunnenstr 7, Berlin 
  • 24.07.2013, @Turku, Finland 
  • 25.07.2013, @Hämeenlinna, Finland 
  • 27.07.2013, Puntala-rock 2013 @Lempäälä/Tampere, Finland
ya pernah sepanggung di Berlin sama band yg gw pernah denger dulu sewaktu di indo, yakni BROKEN BONES legendaris-punk dari Inggris. Dan aku sempet berbincang-bincang dengan bassisnya si Tezz Roberts yg juga merupakan sang pendiri band super-mantap DISCHARGE bersama saudaranya si Tony Roberts sang gitaris.

ya,,ada beberapa kesan yg kudapat dengan gigs disini....pada umumnya gigs disini kecil-kecil (gak terlalu besar), tapi acaranya rutin dan sering, biasanya gigs tersebut di bar-bar 'alternatif' dengan kisaran penonton 50-100-200-300 orang. yang maen rata-rata 3 atau 4 band, jadi maennya pun maxsimal gak diburu2 waktu atau band lain yg menunggu giliran manggung . Setiap band bisa bawain 10 lagu atau lebih. Kalo acaranya soli-party (solidarity)maka hasil penjualan tiket disumbangin semua untuk maksud ngebantu/solidaritas tsb, misalnya ada kawan yg ketangkep polisi pd saat demonstrasi dan harus bayar sejumlah uang untk pembebasannya,...dan lain sebagainya. Yang manggung biasanya cuma dapat makan dan beberapa botol bir gratis. Tapi kalo acara biasa/bukan soli, maka hasil penjualan tiket uangnya dibagi ke band2 yg maen. Adapun acara2 besar disini yakni bentuk festival, yg main bisa 20 band atau lebih, bisa 2 atau 3 hari, yg bgini kayaknya bagi gw lebih asyik karena lebih banyak orang yg datang, jadi banyak serba-serbi lainnya yg menarik lagian festival2 tsb evennya tidak sering.

NB: Mantap neh sekalian infonya ... terus kalo G.A.U. sendiri liriknya lebih kearah mana kang?

Doddy: lirik G.A.U lebih banyak tentang peperangn yg kerap terjadi di dunia ini, apalgi vokalis kami punya traumatis tersendiri dengan apa yg pernah terjadi di negerinya dan kawasan balkan...perang..perang...dan perang, yg terus berkecamuk!! isu lainnya pun ada seperti kritik terhadap negara2 pertama, kapitalism, dan situasi sosial umumnya yg kian memburuk. 

NB: Apa kalian disana tinggal atau hidup atau menghidupi dalam sebuah kolektif kang?

Doddy: Kami hidup disini masing2 aja, misalnya saya hidup ya dgn keluarga saya, atau yg lain bisa hidup dgn pasangannya, ataupun sendiri. Kalo dlm hal aktivitas kolektif/DIY pun disini berjalan dengan baik lancar2 aja 'nge-flat' seperti tiada masalah...kita menghidupi aktivitas2 tsb. Dan sebaliknya, aktivitas2 kolektif tsb tidaklah dapat menghidupi biaya hidup pokok kami sehari2 semacam pangan, sandang, papan (bayar sewa tempat tinggal). jadi untuk kebutuhan pokok disini ya orang2 mesti bekerja, atau minta duit sama negara bagi yg masih nganggur...dan dari kami lebih banyak yg masih nganggur . Nah, kalo di indonesia aktifitas kolektif/diy tsb (misalnya nyablon kaos mercendeis, ngelapak, dagang kaset,emlem,dll) dapat mencukupi kehidupan sehari2 makan minum dan bayar kontrakan... yg pengangguran harus cari sabetan sana sini, bisnisan sana-sini, pinjem sana pinjem sini, gade'in HP lah, bantuan teman, dll, atau minta duit sama Emak,hehehe...di Indonesia tuh lebih surviver, keras, dan dinamis!!!

NB: Ow Ow Ow ... 'nge-flat' ya ... waduh jawaban diatas kaya ngasih warning ke kami disini bagaimana kita udah seperti di provok untuk menjalankan hidup semuanya dengan sendirinya (lebih surviver, keras, dan dinamis!!!) ... pantes beberapa penggiat kolektif/DIY disini yang sering ngadain pameran atau tabling terlihat bersih2 dan gemuk2 ternyata memang disananya seperti itu toh ... sekilas kadang kami atau banyak teman2 disini berfikir "orang2 yang hidup DIY itu lebih bebas dan lebih nyaman ya? (itu kaya diluar sana yang ditranslate kesini oleh para Hipster penggiat DIY) ... padahal kalo dijalani secara TOTAL FUCKING DIY (tanpa bek ap kerja formal atau sokongan dana apapun) buset deh ... beneran KERAS kang hehe, so ... Emang kalo ada kolektif disana biasanya buat apa sih kang tujuannya secara ngapain juga bikin kolektif kalo udah ada dana rutin dari negara ataupun udah kerja (formal)? jadi penasaran hehe ...

Doddy: oya gw lupa disini orang2 selain pengangguran dan pekerja upahan, ada juga yg usaha sendiri (wiraswasta) tapi ya semuanya legal ada ijin usaha dan dipungut pajak. Adapun kolektif disinipun sifatnya variatif, ada kolektif sbg penggiat gigs, infoshop, ruang2 berkreatifitas dan aktifitas subkultur atau kounterkultur, kolektif yg ngebantu imigran yg bermasalah, pengungsi, dan banyak lagi, dan ada juga kolektif usaha(bisnis) umpamanya buka bar patungan beberapa orang buat sewa tempat dan bersama menjalankan usaha tsb tanpa adanya boss dan anak buah,,nah kalo model begini gak disuplai duit per bulan dr negara.Ada juga kolektif rumah, yang patungan membeli sebuah rumah plat untuk dihuni besrsama, dll. Dan para pengangguran yang dpt uang dr negara tsb gak selamanya nganggur terus (sifatnya sementara aja slama blum dpt kerjaan) setiap saat secara rutin dipanggil untuk konsultasi dan ditanya2 terus "sudah sampai mana usaha anda mencari gawean,..bla bla bla" Kadang dapt anjuran kerjaan yg seminggu cuma 3 kali, misalnya penghasilan perbulannya 450 euro, kalo itu dirasa gak mencukupi buat biaya harian, maka negara yg akan nombokin/nambahin kekurangannya. Dan dapt dananya pun sebenarnya tidak banyak ,tapi cukuplah untuk makan sehari2, bayar sewa apartemen, bayar asuransi kesehatan, listrik, pemanas ruangan, internet, kursus keterampilan, transport,dll,hehehe. Oke kembali ke pertanyaan ngapain bikin kolektif...yang kolektif usaha ya untuk meringankan modal usaha, yg kolektif rumah, ya buat dimiliki scara bersama dan terbebas dari bayar sewa bulanan, yang kolektif dibidang sosial-politik-budaya, ya udah saya sebutkan diatas, seperti buat solidarity, Voku( makan2 murah), squat, atau rumah proyek yg mana harga sewanya sangat murah. Kolektif juga bisa bikin benefit untuk dikirim ke tmen2 atau para pejuang yg bermasalah di Russia, Yunani, Indonesia, atau dimanapun di belahan duinia ini...jadi tentunya kolektif disini ini sangatlah bermanfaat!! juga buat ngelawan fasisme, dan bentuk2 penindasan lainnya 

NB: Jawaban yang cukup deskriptif ... makasih kang hehe ... Kembali ke G.A.U. kang ... apa rencana ke depannya? Album? Ep? atau Tur?

Doddy: oke no problem!hehe.. rencana kedepan G.A.U pastinya ada beberapa agenda lah, tapi kepastiannya ini yg belum fiks semua. Besok main di Leipzig, kamisnya brangkat ke festival-punk di Swiss, kita maen disana hari sabtu. Album split G.A.U/ECD segera dirilis tak lama lagi. Rencana tur eropa selatan nanti januari dimulai dari Perancis selatan, Spanyol, Italia, dan sebagian kawasan balkan..rencana di taun depan juga tur amerika (meksiko, new meksiko, california,...)

NB: Wihhh ... seru ... ada rencana ke Indonesia kang?

Doddy: belum ada...tapi tetep ada kemungkinanlah, namun entah kapan


NB: Oke deh kang ... Sukses buat Anda, Keluarga dan G.A.U.-nya ... Ada sesuatu kalimat yang mau disampaikan buat teman-teman disini?

Doddy: untuk saat ini belum ada sesuatu kalimat dariku yg ingin kusampaikan buat tman2 disana... aku hanya membiarkan orang2 disana yg sedang berproses...hingga membentuk karakter atau jati dirinya sendiri (atau mungkin karakternya udah begitu kali ya? hehe...entahlah) just wait and see! mungkin akan ada saatnya diwaktu yg akan datang aku akan lebih banyak bicara lagi!!hehehe...oke makasih...sukses juga buat anda skalian disana, cheers... love U all!!! 

NB: Sip terimakasih ya ... take care and cheers ...

Doddy: Allrightss!!!

Pewawancara: Grindhacker

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan