artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

STRAIGHT EDGE DAN VEGAN DALAM SEBUAH PENGAKUAN



Hmm ... kutak katik makalah tentang bahasan straight edge dan vegan, kami menemukan artikel yang lumayan bagus ini. Sebuah pengakuan yang lugas dari seseorang yang sudah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang oleh anak-anak sekarang menjadi sebuah label atau brand mashur yang disebut Straight Edge dan Vegan. Tapi justru yang menarik dari sang El Vegano (begitu nickname penulis ini) adalah, dia memang sudah melakukan aktifitas yang termaktub dipemahaman Straight Edge dan Vegan sebelum dia pada akhirnya menjadi Straight Edge dan Vegan. Intinya, kebiasaan-kebiasaan dalam padangan, pola fikir, mindset, konsep atau apalah namanya yang tertuang di gaya hidup Straight Edge dan Vegan ini sudah dia lakukan sebelum dia kenal sama begitu-begituan. Makanya sang El Vegano baru bisa mengklaim nama Straight Edge dan Vegan setelah dia faham betul apa itu Straight Edge dan Vegan walaupun jauh-jauh hari sebelumnya dia sudah melakukannya. Oke, silahkan simak aja deh apa yang ditulis sang El Vegano yang pernah diposting di blognya (http://el-vegano.blogspot.com) pada 28 Desember 2011 lalu ini.

================================================================

Mengapa Saya Straightedge dan Vegan?

Mengapa Straightedge?

Saya mulai mengklaim mengadopsi Straightedge sejak pertengahan 1997. Sebelum itu saya ngga pernah konsumsi rokok/alkohol/drugs. Awal mula kenal dengan paham ini gara-gara EARTH CRISIS. Tahun 1997 awal beberapa temen saya bilang, semua anggota EARTH CRISIS kaya' saya, ngga konsumsi hal-hal tersebut. Dan dijelaskan itilah pola hidup seperti itu di hardcore namanya Straightedge. Trus ada yang nanya kepada saya, "Kok kamu ngga jadi Straightedge aja?" Saya bingung, soalnya buat apa mengklaim diri orang saya aja emang ngga konsumsi barang-barang tersebut dan sangat strict ngejaganya. FYI, saya sebelum mengenal SxE pernah beberapa kali kontak fisik / berantem karena disuruh-suruh ngerokok / minum alkohol oleh segelintir temen saya. Nah loh, tanpa mengklaim apapun saya udah tau apa yang saya perjuangkan.

Saya mencoba memahami lebih jauh seputar 'klaim' sebagai SxE tersebut, sampai akhirnya saya memahami sendiri faktor 'untuk apa' saya mengklaim diri. Baru saya siap untuk memproklamasikan SxE sebagai prinsip hidup yang saya adopsi. 

Untuk apa mengklaim? Saya menganalogikan 'Straightedge' sebagai sebuah 'brand' atau merk. Ketika saya pengen nawarin pola hidup melawan penyalahgunaan rokok,drugs, dan alkohol, semuanya sudah terangkum dalam sebuah merk, yaitu 'Straightedge'. Sebuah analogi sederhana ketika kita memaknai sebuah produk. Ibaratkan kalo kamu mendeskripsikan minuman segar, sedikit asam, dan manis. Mungkin kamu akan menyebut merk 'Nutrisari' dan sebagainya. Nah, saya analogikan aja kaya' gitu. Jadi intinya, saya ingin ikut menawarkan pola hidup yang anti penyalahgunaan tembakau/drugs/alkohol ini dalam sebuah nama sederhana, yaitu 'Straightedge'. Namun, tanpa adanya Straightedge pun saya siap menjaga prinsip saya yang dari lahir adalah seorang yang anti penyalahgunaan tembakau/rokok/drugs. Dan itu udah terbukti sebelum saya mengenal paham ini sama sekali. :)

Mengapa Vegan? 

Awalnya setelah ngerti SxE dari EARTH CRISIS, band yang emang saya sukain banget, saya jadi mencari tahu tentang apa aja seputar band itu. Sampe akhirnya dapet tentang Veganisme. Pas liat-liat dari buku, zine, majalah hc dari luar, dan beberapa media lain (jaman itu internet blm ngetop kaya' sekarang, huhu!), saya pun takjub dengan pemikiran dalam Veganisme. Menurut saya ini pemikiran yang sangat modern, karena orientasinya di waktu yang akan datang (sangat jauh banget) dan sama sekali ngga egois hanya untuk kepentingan tubuh semata. 

Tapi saya ngerasa terlalu berat kalo langsung ke Vegan. Jadi start-nya Vegetarian dulu selama beberapa bulan baru ke Vegan. Awalnya agak sulit, karena kadangkala masih kesusahan nyari makanan yang pure Vegetarian (Vegan). Tapi kelamaan biasa aja, dan enjoy! 

Sampe hari ini saya menjalani pola hidup Vegan, dan memang benar-benar membawa dampak yang sangat baik bagi kesehatan saya. Hal yang pasti adalah, frekuensi terkena penyakit pada diri saya sangat berkurang sekali. Bahkan bisa dibilang 1 tahun belakangan ini saya tidak sakit apapun yang terbilang berat (seperti flu berat dsb).

Dan selain itu saya merasa bahwa masih banyak bahan makanan lain selain daging dan semua bahan hewani lainnya yang masih bisa saya konsumsi. Bahkan penelitian masa kini sudah banyak yang menghasilkan kesimpulan bahwa mengonsumsi daging adalah penyebab kematian yang sangat tinggi dengan kolesterol yang dibawanya.

Selain itu, ternyata dengan menjadi Vegan berarti saya ikut andil dalam meminimalisirglobal warming. Karena penghasil gas emisi CO2 terbesar di dunia adalah karena gas yang dihasilkan dalam indutri peternakan modern. Bahkan gas emisi yang dihasilkan melebihi pada industri otomotif! Dan hal ini pun sudah 'diamini' oleh Panitia Panel Perubahan Iklim. Jadi, walopun mungkin kecil, paling ngga saya ikut berkontribusi secara ngga langsung lahh.. :)

Regards,
EV

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan