artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

JENGGIRAT #3, Gig Report


By on 23.4.13

Sebelumnya berbicara tentang sejarah gig Jenggirat sudah berjalan dua kali, dan ini adalah yang ketiga. Gig ini dibuat oleh kawan-kawan Genteng Send Bullet Collective dari kota kecil di ujung timur pulau Jawa, Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gig Jenggirat yang sebelumnya bernama “Genteng Jenggirat”, kata “Jenggirat” yang mempunyai arti “Bangun atau Bangkit” yang SAEKA PRAYA” yang mempunyai arti “MANUNGGAL RUKUN BERSAMA sudah berlangsung dua kali, yaitu Genteng Jenggirat #1 (Tahun 2007) dan Genteng Jenggirat #2 (Tahun 2008). Setelah itu di tahun ini kembali diadakan lagi dengan nama “Jenggirat #3”. Dengan balutan konsep gig yang sedikit berbeda. Dan dengan nama kolektif yang juga berbeda “Send Bullet Collective”. Tema yang kami pilih adalah “SAYUK RUKUN SAIYEG -SAMA SATU TUJUAN” atau “MENYATU RUKUN BERSAMA SATU TUJUAN”.

Kenapa nama gig dan kolektif nya berbeda. Karena menurut kami acara ini bukan hanya dari kawan-kawan Genteng saja, namun acara ini dari kami dan kawan-kawan luar kota semua yang ikut berpartisipasi. Jadi untuk acara ketiga kami menghilangkan kata “Genteng” untuk nama Gig dan kolektif. 

SEND BULLET COLLECTIVE PRESENT : 
JENGGIRAT #3 
LIVE AT DELTA, GENTENG - BANYUWANGI .
“SAYUK RUKUN SAIYEG SAEKA PRAYA”

*MUSIC 
*WORKSHOP
*BAKSOS

Untuk awal pertemuan kami adakan pada tanggal 9 Maret bertempat di rumah salah satu kawan (Nofta “Jarwo”) guna membahas tema/konsep acara, perijinan, sumber dana, dan biaya-biaya. Pertemuan-pertemuan ini berlangsung setiap hari sabtu sampai hari H. Untuk tempat pertemuan juga sering pindah, diantaranya di rumah Jefri.

Sabtu 13 April, sekitar pukul 10.00 pagi saya berangkat dari rumah menuju kota Genteng. Saya langsung menuju rumah keluarga Toto untuk menjemput Denis. Dari situ kami berdua menuju rumah Jefri guna merekapitulasi dana yang sudah masuk dari pendaftaran band. Ternyata Jefri tidak dirumah,dia berada di belakang Café Joker bersama Yayak dan Kotak menemani teman-teman dari luar kota yang sudah datang duluan. Disitulah kami mulai menghitung berapa dana yang sudah terkumpul. Kurang lebih satu jam kami disitu dan setelah kami rasa sudah jelas semua kami kembali bagi tugas. Saya dan Denis lanjut menuju Studio dimana kami menyewa alat untuk acara ini guna memastikan akan menambahkan Sound Out. Dan Jefri kembali menemani kawan-kawan luar kota dan mempersiapkan transportasi untuk membawa kawan-kawan luar kota ke lokasi acara.

Selesai dari Studio saya dan Denis meluncur ke Polsek Genteng untuk konfirmasi ulang perijinan. Sebenarnya saya alergi berinteraksi dengan seragam coklat ini, tapi mau bagaimana lagi..haha
Kurang lebih 15 menit kami disitu,kami lanjut menuju rumah Toto(Kebo) untuk membantu menyiapkan konsumsi untuk besok. Disana sudah ada Tio(adik Kebo),tak lama Faqih datang, potong kacang panjang,sayur tewel..beres dan kami lanjut sarapan bareng. Pukul 03.00 Sore(masih sabtu tanggal 13), kami berkumpul di lokasi acara. Menyiapkan background panggung, ternyata cuaca waktu itu tak berkompromi,hujan turun lebat. Meskipun hujan lebat tak menggangu aktivitas kami. Menjelang Magrib ternyata banyak teman-teman dari luar kota yang sudah berdatangan lagi. Giliran Arik dan Jefri yang bertugas menjemput mereka dari Perempatan Lampu Merah Genteng menggunakan Pick Up yang sudah dipersiapkan. Sampai malam hari kami disitu di lokasi acara. Dan pukul 11.30 malam saya pamit meninggalkan lokasi untuk beristirahat di rumah Lingga(Broto).

Minggu 14 April, pukul 06.30 pagi. Saya menuju lokasi lagi, tanpa mandi dan gosok gigi..hehe disana sudah ada teman-teman yang semalam tidur disana. Selang setengah jam alat band dan sound sudah tiba,bergegas membantu membawa dam menata di panggung. Pukul 10.00 alat sudah siap, saya mengambil posisi menyiapkan stand pengumpulan beras untuk baksos di sebelah pintu masuk. Jadi di acara ini setiap band mendaftar dengan uang 50ribu+2,5 kg beras. Acara segera dimulai, 1 band sudah tampil. Panitia memberhentikan acara sementara, ada rombongan masuk dan meraka ternyata Rombongan dari Kepala Desa Maron dan anggota Kodim. Sebelumnya ada pertanyaan dari Kodim tentang perijinan,setelah dari panitia memperlihatkan surat perijinan mereka mempersilahkan melanjutkan. Kami juga meminta Kepala Desa untuk naik keatas stage menerima beras sebagai BakSos secara simbolis dan menyerahkan ke warga yang juga di ajak untuk masuk ke lokasi. Kepala Desa Maron juga sempat memberikan sambutan yang intinya respect terhadap acara ini dan juga sempat berucap “Hidup Punk..Yang Muda Yang Berkarya”..hahaha 
  
Next..sekitar pukul 3 sore saya bereskan stand baksos. Saya bergabung dengan teman-teman di depan panggung, menikmati penampilan teman-teman. Sebelumnya panitia memberhentikan lagi acara, kali ini giliran menikmati sayur tewel(nasi gudeg ala send bullet collective) haha..maaf untuk konsumsi kami sedikit telat,terlalu sore membagikan. Setelah terlihat selesai semua dengan ritualnya panitia melanjutkan lagi sampai break magrib. Ohya..saya melewatkan satu point,workshop gambar. Terimakasi buat Yoga dari Jember yang sudah membantu ngajarin gambar buat adek-adek..hehe 

06.30 malam di buka Jalan buntu dari Jember memanaskan suasana dengan rock n roll nya, dilanjut Dissolvet dari Jember juga, Jump K- Red dari Genteng, Skeletons dari Genteng,Disembodied dari Genteng,dll.maaf untuk penampilan band saya kurang konsen karena terlalu mondar-mandir kesana kemari..hehe Kurang lebih ada 25 band yang tampil dari pagi sampai malam itu, yang sebelumnya ada sekitar 50an band yang mendaftar,tapi sebagian tak bisa tampil karena tak jadi datang dan berhalangan tampil. Malam itu tak sedikit mengurangi semangat teman-teman untuk saling berdansa,berpogo,bermoshing ria meskipun dari siang mereka terus bersenang-senang..

Pukul 08.45 malam, saya berpamit untuk pulang,meninggalkan penampilan 3 band trakhir. Saya mungkin salah satu panitia yang bersalah,dan mungkin hanya saya..hehe karena tidak ikut membantu beres-beres alat-alat. Kondisi badan tidak lagi bisa dikompromi,apalagi perut,sebelumnya setelah saya tampil saya langsung jackpot..haha itu yang menyebabkan saya pamit duluan untuk pulang. Kondisi itu mungkin disebabkan terlalu banyak amunisi jahat dari siang hari yang masuk ke perut saya,,haha

Sungguh menyenangkan hari itu, kami bisa kembali membakar api di kota kecil kami. Kembali menghidupkan api yang sudah terlalu lama redup. Bertemu kawan lama, berbagi cerita, berbagi kasih,berbagi semangat..terimakasi untuk kawan-kawan semua yang sudah support: Gack Waras, Amnesia, Kingdom Enemy(Bali), S.O, Anjing 81, Otak Konslet(Malang), Mangli botol,Dissolved, Kolonelsuck, Gor squad, Batu Merah(Jember), Little Rioter, Amnesia,Ranu Chaos, Walking Dead(Lumajang), Trotoar Sicknes,STS (Sby), dan semua band/kawan-kawan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang sudah mendukung acara ini. 

Maaf jika dari kami panitia ada kesalahn dan kekurangan.. Tetap semangat, jaga diri, jaga kesehatan, semoga kita bertemu lagi dilain kesempatan,berbagi dan bersenang-senang.. 

ditulis oleh: Mbah Buzuk

=========================================================================
MARI BELAJAR MENULIS GIGS REPORT YUUKKS??....
"Suatu hari kamu datang ke gigs, terus kamu seru-seruan di gigs ... pogo, ketemu temen2 jauh, minum-minum, ketawa ketiwi, liat band yang kamu suka, dan cerita seru lainnya ... setelah itu kamu pasti cerita-cerita seru sama temen-temen kamu tentang apa yang kamu lihat di gigs tadi, dan tanpa kamu sadari kamu telah membuat semacam Gigs Report secara lisan ... nah, kenapa gak kamu coba untuk bercerita lewat tulisan?? ... kami yakin kalian punya potensi kearah sana (menulis) ... kalo kalian tertarik, kami siap menampungnya, kirim aja ke: noiseblast.media@gmail.com .... atau kirim aja ke inbox fb kami di: https://www.facebook.com/NoiseblastMedia"

SEKARANGLAH SAATNYA KAMU MENCERITAKAN APA YANG TERJADI SEKELILINGMU ... DAN KAMU PASTI BISA ... SEMANGAT!!

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan